Tips Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaik

Tips Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaik - Indonesia yang kaya budaya memiliki keanekaragaman ciri khas di setiap daerahnya. Wilayah barat Indonesia memiliki perbedaan dengan wilayah timur mulai dari bahasa, warna kulit, sampai adat istiadat. Perbedaan ini juga terdapat cara kehidupan sehari-hari dan bagaimana melewatkan waktu di rumah.
Tips Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaik
Orang yang tinggal di wilayah pantai barat Sumatera misalnya, lebih memilih untuk menjadi nelayan ketimbang bercocok tanam, sementara mereka yang di pedalaman memilih untuk bercocok tanam.

Pada zaman dulu perbedaan ini termasuk dalam pengaplikasian tempat tinggal. Bagi orang yang berada di wilayah pedalaman akan merasa lebih aman bila memiliki rumah yang tinggi untuk menghindari binatang buas. Sementara yang tinggal di wilayah pantai lebih memilih rumah yang dekat dengan pantai dan menggunakan bahan dari bambu dan kayu agar rumah tetap mengapung jika diterjang air.

Unsur kayu dalam pembuatan rumah merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan, misalnya untuk pembuatan atap, kisi-kisi rumah, dan jendela. Kayu yang memiliki tekstur lembut dan menyejukkan ruangan, membuat nenek moyang kita lebih sering menggunakan kayu untuk membuat rumah mereka.

Selain alasan belum tersedianya bahan bangunan seperti sekarang, kayu juga digunakan karena alasan kenyamanan dan kemudahan. Sistem nomaden yang mengharuskan penghuni rumah berpindah tempat, maka dengan rumah kayu memungkinkan mereka membongkar dan memasang kembali rumahnya di tempat yang mereka inginkan.

Peminat rumah kayu tidak pernah berkurang. Ini dibuktikan oleh Edy Subiantoro yang menjadi marketing di rumahkayu.com. Dia menyatakan bahwa peminatnya tidak saja dari Tanah Air tapi juga dari mancanegara.

DesainRumahTerbaru.com menghadirkan rumah kayu modern (modern wooden house) dengan rancangan sistem bongkar pasang (knock down) yang imajinatif dan artistik.

Menurut Edy, pemilihan kayu jati dilakukan selain karena alasan kekuatan juga keindahan guratan kayu yang dapat menimbulkan kesan kesejukan dan keharmonisan. "Jaminan kekuatan adalah nilai tambah dari kami, karena diproses secara teliti dengan teknologi modern pengolahan kayu sehingga tetap mempertahankan keindahan guratan tekstur kayu sesuai aslinya," ujar Edy.

Spesifikasi tipe rumah kayu yang besar berukuran (L) 6 meter x (P) 9 meter, dengan lantai, dinding, tiang, dan kuda-kuda menggunakan kayu jati. Pondasi terbuat dari umpak batu, sementara genteng plentong warna natural. Lama pembuatan rumah kayu ini antara 1,5 hingga 2 bulan. Tipe kecil berukuran antara (L) 6 m x (P) 7 m dengan waktu membuatan dan kayu yang sama. Ukuran-ukuran ini memang terkesan kecil dibandingkan dengan rumah kayu zaman dulu, yang masih dapat kita temui di Kalimantan yang ukurannya bisa mencapai (L) 10 m x (P) 25 m.

Menurut Edy, desain rumah kayu sangat cocok untuk tempat istirahat di tepi pantai, dengan pola dermaga yang menjorok ke laut sehingga terkesan romantis. Menurut Edy pembuatan rumah kayu di tepi pantai sebaiknya dengan ukuran tipe besar (L) 6 m x (P) 7 m, menggunakan material kayu jati mulai dari lantai, dinding, tiang, dan kuda-kuda. Panjang jalan dari tepi pantai ke bangunan lebih dari 25 m.

Bangunan kayu juga sangat diminati untuk pembangunan restoran dan kafe di pinggir laut. Rumahkayu. com juga mendesain cafe on the roof, merupakan karya desain kafe yang memanjakan eksekutif muda metropolitan dengan interior yang tertata apik, ditambah paduan cahaya romantik ala kafe. Outdoor Cafe, desain yang menghadirkan keleluasaan pandangan (view). Biru langit akan menjadi teman bagi Anda yang menyenangi kesegaran alami. Pada malam hari, memandang suasana kota dari kejauhan akan semakin terasa nikmat dipandang melalui outdoor cafe ini.

Building on the roof, adalah desain bangunan pada posisi paling tinggi sebuah gedung pencakar langit, bila diciptakan dengan nilai seni yang tinggi. Tentunya ini akan membuat kekaguman yang tiada habisnya. Sementara Gateway roof adalah pintu masuk kedalam bangunan utama pada building roof. Anda akan disambut kehangatan desain dari lobby utama setelah memasuki gateway.

Bagi yang tidak menginginkan semua unsur kayu dalam pembangunan rumah, maka kombinasi antara bahan bangunan lainnya dengan kayu pun dapat menjadikan ruangan anda cukup harmonis. Ruang kerja misalnya diberi sentuhan artistik rak buku dari kayu yang sepadan dengan nuansa dan keinginan Anda hingga dapat menghadirkan kenyamanan bagi pemiliknya. Barang-barang yang terbuat dari kayu juga tak lekang oleh zaman dan tren, hingga sehingga memudahkan pemilik untuk memadu-padankannya. Tips Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaik.

0 comments:

Post a Comment